Rank & Visitors

Jumat, 15 Januari 2010

Cara memilih makanan yang sehat

Tips memilih makanan yang sehat

1. Mengkonsumsi Makanan Kaya Nutrisi
Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya,buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang dibutuhkan, kalau kurang, anda bisa lapar, lemas, pusing dan mungkin jatuh pingsan. Itu umumnya .
2. Konsumsi Padi-Padian Penuh, Buah dan Sayuran
Jika Anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya, maka mulai saat ini beri kesempatan pada diri Anda untuk mencicipinya. Karena 2 sumber makanan diatas penting adanya, mengandung sumber karbohidrat, vitamin dan mineral. Dimana jika kita mengkonsumsi sedikit karbohidrat tapi ditambah dengan buah dan sayuran, biasanya kita tidak lapar lagi dan badan kita jadi segar, kurang lebih seperti itu.
3. Atur Berat Badan Seimbang
Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat berat badan/obesitas membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus/kutilang (kurus tinggi langsing ) juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi (wanita coy) dan masalah kesehatan lainnya. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan. Meskipun seorang model papan atas menjaga agar tubuhnya tetap ramping, toh mereka tetap menjaga kesehatan dengan baik.
4. Makan Dalam Ukuran Yang Layak
Janganlah makan yang berlebihan. Janganlah ketika Anda merasakan suatu masakan/makanan itu enak, Anda menjadi membabi buta dalam melahap setiap masakan . Jika Anda mempertahankan ukuran porsi Anda yang masuk akal, maka lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. Apa Anda tahu rekomendasi makanan yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim. Tapi saya tidak pernah makan pasta dan eskrim untuk makanan utama saya .
5. Makan Secara Teratur.
Ini sangat penting dilakukan. Meskipun Anda makan makanan yang bergizi tinggi, tapi jika waktu makannya tidak teratur, it juga tidak baik dan tidak sehat, bisa menyebabkan gangguan pada lambung kita. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Dan ketika Anda makan nanti, anda akan kehilangan kontrol diri dan seperti kerasukan setan lapar .
6. Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan dan Lakukan secara Bertahap
Kebanyakan orang menyantap makanan untuk kebutuhan dan sekedar menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam tabel makanan untuk membantu Anda menyeimbangkan pilihan makanan. Dan mulailah melakukan hal-hal positif, dan jadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup. Contohnya jika Anda tidak suka minum susu sapi biasanya, cobalah dengan susu kedelai. Kalau tetap tidak mau, coba diganti dengan yang lain, pokoknya yang mengandung mineral, kalsium dan protein tinggi.
7. Makanlah dengan Sepenuh Hati
Maksudnya disini adalah makan dengan menikmati, merasakan dan mensyukuri proses makan yang sedang dilaksanakan. Sebaiknya memang dalam proses makan, kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak sekedar lewat. Salurkan makanan yang Anda makan menjadi energi yang positif yang bisa membuat tubuh Anda sehat.
Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan baik, terutama orang dewasa, karena sistem imun/kekebalan orang dewasa jauh lebih berkurang daripada ketika masih anak-anak. Anak-anak bisa sembuh dari penyakitnya karena faktor dari kekebalan yang tinggi anak itu sendiri dari penyakit
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Cara memilih makanan yang sehat"

Posting Komentar